Bagi kalangan para remaja, memiliki mobil Mitsubishi lancer
evo series merupakan sebuah impian yang sangat besar. Lancer memiliki kelebihan
diantaranya adalah mesin yang tahan terhadap getaran saat dipacu pada kecepatan
tinggi.
Berikut ini saya tampilkan evolusi mobil tersebut.
1.
Evo 1
Generasi pertama
Mitsubishi Lancer Evolution 1
Produksi Oktober 1992
- Januari 1994
Landasan CD9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.500 mm (98,4 in)
Panjang 4.310 mm (169.7 in)
Lebar 1.695 mm (66,7 in)
Tinggi 1.395 mm (54,9 in)
Curb berat 1,170-1,240 kg (2,579-2,734 lb)
Landasan CD9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.500 mm (98,4 in)
Panjang 4.310 mm (169.7 in)
Lebar 1.695 mm (66,7 in)
Tinggi 1.395 mm (54,9 in)
Curb berat 1,170-1,240 kg (2,579-2,734 lb)
Lancer
Evolution asli untuk bersaing di World Rally Championship. Ini
digunakan 2,0 L turbocharged DOHC dan drivetrain 4WD dari Galant VR-4 yang asli
dalam chassis Lancer, dan dijual di GSR dan model RS. Mesin
ini juga digunakan dalam RVR Mitsubishi dengan paket Olahraga gear Hyper trim. RS
adalah dilucuti-down versi balap klub yang tidak memiliki power window dan
kursi, anti-lock brakes, wiper belakang, dan memiliki roda baja untuk beratnya
sekitar 70 kg (154 lb) kurang dari 1.238 kg (£ 2729) GSR, sementara
mantan datang dengan semua kemudahan dari mobil jalanan khas. Itu
datang dengan mesin Mitsubishi 4G63 memproduksi 247 PS (182 kW; 244 hp) pada
6000 rpm dan 309 N · m (£ 228 · ft) pada 3000 rpm. 5.000
dari Evolutions generasi pertama dijual antara 1992 dan 1993. Top speed adalah 228 km / jam (142
mph).
2.
Evo 2
Generasi Kedua
Mitsubishi Lancer Evolution II
Produksi Januari 1994 - Februari 1995
Landasan CE9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.510 mm (98,8 in)
Panjang 4.310 mm (169.7 in)
Lebar 1.695 mm (66,7 in)
Tinggi 1.420 mm (55,9 in)
Curb berat 1,180-1,250 kg (2,601-2,756 lb)
Produksi Januari 1994 - Februari 1995
Landasan CE9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.510 mm (98,8 in)
Panjang 4.310 mm (169.7 in)
Lebar 1.695 mm (66,7 in)
Tinggi 1.420 mm (55,9 in)
Curb berat 1,180-1,250 kg (2,601-2,756 lb)
II
Evolusi ditingkatkan pada bulan Desember 1993, dan diproduksi sampai Februari
1995. Ini
terutama terdiri dari penanganan perbaikan, termasuk penyesuaian wheelbase
kecil, swaybars lebih besar, tweak bodywork termasuk spoiler yang lebih besar,
dan ban yang 10 mm (0,4 in) yang lebih luas. Evolusi
ini juga memiliki l 50 (13,2 US gal; 11,0 imp gal) tangki bahan bakar. Output
daya yang meningkat menjadi 256 PS (188 kW; 252 hp) dari mesin yang sama dan
torsi tidak berubah untuk kedua GSR dan model RS.
3.
Evo 3
Ketiga generasi Putih
evo3gsr
Produksi Februari
1995 - Agustus 1996
Landasan CE9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.510 mm (98,8 in)
Panjang 4.310 mm (169.7 in)
Lebar 1.695 mm (66,7 in)
Tinggi 1.420 mm (55,9 in)
Curb berat 1,190-1,260 kg (2,624-2,778 lb)
Landasan CE9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.510 mm (98,8 in)
Panjang 4.310 mm (169.7 in)
Lebar 1.695 mm (66,7 in)
Tinggi 1.420 mm (55,9 in)
Curb berat 1,190-1,260 kg (2,624-2,778 lb)
Februari
1995 melihat kedatangan, Evolusi 3 yang memiliki beberapa perbaikan atas
model-model sebelumnya. Baru,
styling lebih agresif dan hidung cetakan baru meningkatkan pasokan udara ke
intercooler, radiator dan rem. Side
skirt baru dan cetakan bumper belakang dan spoiler belakang yang lebih besar
ditambahkan untuk mengurangi angkat. Peningkatan
mesin memiliki rasio kompresi lebih tinggi dari sebelumnya, [4] dan
turbocharger kompresor baru (60 mm sampai 68 mm [5]), yang memberikan output
daya dari 270 bhp (201 kW) pada 6250 rpm, 309 N · m (£ 228 · ft) pada 3000 rpm.
4.
Evo 4
Keempat generasi
Mitsubishi Lancer Evolution IV (CN9A) - Putih
Produksi Agustus 1996 - Januari 1998
Landasan CN9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.510 mm (98,8 in)
Panjang 4.330 mm (170,5 dalam)
Lebar 1.690 mm (66,5 in)
Tinggi 1.415 mm (55,7 in)
Curb berat 1,260-1,350 kg (2,778-2,976 lb)
Produksi Agustus 1996 - Januari 1998
Landasan CN9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.510 mm (98,8 in)
Panjang 4.330 mm (170,5 dalam)
Lebar 1.690 mm (66,5 in)
Tinggi 1.415 mm (55,7 in)
Curb berat 1,260-1,350 kg (2,778-2,976 lb)
Platform
Lancer benar-benar berubah pada tahun 1996, dan bersamaan dengan itu Evolusi,
yang telah menjadi sangat populer di seluruh dunia. Mesin
dan transaxle diputar 180 ° untuk lebih menyeimbangkan berat badan dan
menghilangkan torsi mengarahkan. Ada dua versi yang
tersedia, RS dan GSR. Versi
RS diproduksi sebagai mobil kompetisi dengan diferensial terbatas-slip depan
dan LSD jenis gesekan pada bagian belakang. Hal
ini juga datang dengan kursi GLX dan pilihan baik 16 "atau 17" OZ
roda ringan balap. RS
juga memiliki angin jendela, AC opsional dalam beberapa model, dan beberapa bar
penjepit tambahan untuk memperkuat sasis, satu di belakang grill depan dan yang
lainnya di lantai boot. RS juga memiliki panel
bodi dan kaca tipis. GSR
dan RS bersama gulir turbocharger kembar yang baru membantu untuk meningkatkan
kekuatan untuk 280 PS (206 kW; 276 hp) pada 6.500 rpm dan 330 N · m (£ 243 · ft)
dari torsi pada 4.000 rpm.
5.
Evo 5
Generasi Kelima Mitsubishi Lancer
Evolution V
Produksi 1998
Landasan CP9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.510 mm (98,8 in)
Panjang 4.350 mm (171,3 dalam)
Lebar 1.770 mm (69,7 in)
Tinggi 1,405-1,415 mm (55,3-55,7 dalam)
Curb berat 1,260-1,360 kg (2,778-2,998 lb)
Landasan CP9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.510 mm (98,8 in)
Panjang 4.350 mm (171,3 dalam)
Lebar 1.770 mm (69,7 in)
Tinggi 1,405-1,415 mm (55,3-55,7 dalam)
Curb berat 1,260-1,360 kg (2,778-2,998 lb)
Banyak aspek dari mobil
diubah seperti:
Interior ditingkatkan dalam versi GSR dengan kelas yang lebih baik dari kursi Recaro.
Body kit telah menyala lengkungan di bagian depan dan belakang dan spoiler belakang aluminium baru diganti versi IV FRP dan memberikan sudut disesuaikan serangan untuk mengubah belakang bawah kekuatan.
Lagu ini melebar dengan 10 mm (0,4 in), roda diimbangi berubah dari ET45 untuk ET38 bersama dengan diameter roda yang naik dari 16 "sampai 17" untuk mengakomodasi rem Brembo yang ditambahkan untuk meningkatkan pengereman.
Selain silinder master rem menanggung meningkat sebesar 0,3 milimeter (0,01 di).
Mesin diperkuat di beberapa daerah dan durasi cam meningkat. Piston lebih ringan dengan area rok yang lebih kecil. 510 injector cc diganti dengan 560 cc injeksi untuk keandalan mesin yang lebih baik karena lebih listrik "headroom" dan ECU diubah untuk menyertakan flash ROM, sehingga meningkatkan tekanan lebih sama TD05-HR sebagai Mitsubishi Evolution III dan IV.
Selanjutnya, turbocharger kembali ditingkatkan. Torsi meningkat menjadi 373 N · m (£ 275 · ft) pada 3000 rpm. Kekuasaan resmi tetap sama, pada 280 PS (206 kW; 276 hp), meskipun beberapa tenaga kuda mengklaim sebenarnya agak lebih tinggi.
Interior ditingkatkan dalam versi GSR dengan kelas yang lebih baik dari kursi Recaro.
Body kit telah menyala lengkungan di bagian depan dan belakang dan spoiler belakang aluminium baru diganti versi IV FRP dan memberikan sudut disesuaikan serangan untuk mengubah belakang bawah kekuatan.
Lagu ini melebar dengan 10 mm (0,4 in), roda diimbangi berubah dari ET45 untuk ET38 bersama dengan diameter roda yang naik dari 16 "sampai 17" untuk mengakomodasi rem Brembo yang ditambahkan untuk meningkatkan pengereman.
Selain silinder master rem menanggung meningkat sebesar 0,3 milimeter (0,01 di).
Mesin diperkuat di beberapa daerah dan durasi cam meningkat. Piston lebih ringan dengan area rok yang lebih kecil. 510 injector cc diganti dengan 560 cc injeksi untuk keandalan mesin yang lebih baik karena lebih listrik "headroom" dan ECU diubah untuk menyertakan flash ROM, sehingga meningkatkan tekanan lebih sama TD05-HR sebagai Mitsubishi Evolution III dan IV.
Selanjutnya, turbocharger kembali ditingkatkan. Torsi meningkat menjadi 373 N · m (£ 275 · ft) pada 3000 rpm. Kekuasaan resmi tetap sama, pada 280 PS (206 kW; 276 hp), meskipun beberapa tenaga kuda mengklaim sebenarnya agak lebih tinggi.
6.
Evo 6
Evolusi
generasi keenam VI T.M.E
Produksi
Januari 1999 - Maret 2001
Landasan CP9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.510 mm (98,8 in)
Panjang 4.350 mm (171,3 dalam)
Lebar 1.770 mm (69,7 in)
Tinggi 1,405-1,415 mm (55,3-55,7 dalam)
Curb berat 1,260-1,360 kg (2,778-2,998 lb)
Landasan CP9A
Transmisi 5-speed manual
Jarak roda 2.510 mm (98,8 in)
Panjang 4.350 mm (171,3 dalam)
Lebar 1.770 mm (69,7 in)
Tinggi 1,405-1,415 mm (55,3-55,7 dalam)
Curb berat 1,260-1,360 kg (2,778-2,998 lb)
Perubahan
Evolution VI terutama difokuskan pada pendinginan dan daya tahan mesin. Ini
menerima intercooler besar, oil cooler yang lebih besar, dan piston baru,
bersama dengan roda turbin titanium aluminida untuk model RS, yang merupakan
pertama dalam produksi mobil. VI
Evolusi menerima bodywork baru lagi, dengan perubahan yang paling mudah
terlihat sedang dalam bumper depan dimana lampu kabut besar berkurang dalam
ukuran dan pindah ke sudut untuk aliran udara yang lebih baik. Sebuah
model baru ditambahkan ke GSR dan jajaran RS; dikenal sebagai RS2, itu adalah
RS dengan beberapa pilihan GSR itu. Lain
RS edisi terbatas dikenal sebagai Sprint RS, RS disetel dengan Ralliart di
Inggris menjadi lebih ringan dan lebih kuat dengan 330 hp (246 kW).
7.
Evo 7
Ketujuh
generasi Evolution VII WRC
Produksi
Maret 2001 - Januari 2003
Landasan CT9A
Transmisi 5-speed manual
5-speed otomatis
Jarak roda 2.625 mm (103,3 dalam)
Panjang 4.455 mm (175,4 dalam)
Lebar 1.770 mm (69,7 in)
Tinggi 1.450 mm (57,1 in)
Curb berat 1,320-1,400 kg (2,910-3,086 lb)
Landasan CT9A
Transmisi 5-speed manual
5-speed otomatis
Jarak roda 2.625 mm (103,3 dalam)
Panjang 4.455 mm (175,4 dalam)
Lebar 1.770 mm (69,7 in)
Tinggi 1.450 mm (57,1 in)
Curb berat 1,320-1,400 kg (2,910-3,086 lb)
Pada
tahun 2001, Mitsubishi dipaksa oleh FIA untuk balapan di WRC menggunakan aturan
WRC untuk membangun mobil bukan Grup A peraturan kelas, dan dengan demikian
tidak perlu mengikuti aturan homologasi. VII
Evolusi didasarkan pada platform yang lebih besar CEDIA Lancer dan sebagai
akibatnya berat badan lebih besar atas VI Evolusi, namun Mitsubishi dibuat
untuk ini dengan beberapa tweak penting sasis. Perubahan
terbesar adalah penambahan diferensial pusat aktif dan diferensial
terbatas-slip lebih efektif, sementara heliks depan terbatas-slip differential
ditambahkan. Torsi
meningkat lagi untuk 385 N · m (£ 284 · ft) dengan tweak mesin yang
memungkinkan aliran udara lebih besar, dan tenaga kuda secara resmi tetap di
280 PS (206 kW; 276 hp).
8.
Evo 8
Kedelapan
generasi 2005 Mitsubishi Lancer Evolution VIII MR (US Spec) di Gap DVX cnceal,
North Carolina
Produksi
Januari 2003 - Maret 2005
(Februari 2004 - Agustus 2006 MR)
Landasan CT9A
Transmisi 5-speed manual
6-speed manual
(Februari 2004 - Agustus 2006 MR)
Landasan CT9A
Transmisi 5-speed manual
6-speed manual
Jarak
roda 2.625 mm (103,3 dalam)
Panjang 4,490-4,535 mm (176,8-178,5 dalam)
Lebar 1.770 mm (69,7 in)
Tinggi 1.450 mm (57,1 in)
Curb berat 1,320-1,410 kg (2,910-3,109 lb)
Panjang 4,490-4,535 mm (176,8-178,5 dalam)
Lebar 1.770 mm (69,7 in)
Tinggi 1.450 mm (57,1 in)
Curb berat 1,320-1,410 kg (2,910-3,109 lb)
Evolusi
VIII diubah lagi pada tahun 2003, kali ini olahraga 17 "abu-abu Enkei
roda, Rem Brembo dan guncangan Bilstein untuk menangani traksi dan gearbox
5-speed manual dengan 280 PS (202 kW; 276 hp) (sekitar 234 hp dengan .
roda) Awalnya satu dari model, penjualan begitu sukses di AS yang pada tahun
2005 itu tersedia dalam empat trim: model GSR standar di Jepang, RS, dengan
atap aluminium, 5-speed gearbox, dan roda standar ( kurang
komponen berlebih, seperti lampu interior peta, power window / pintu, dan
radio), SSL (dengan sunroof, bagasi dipasang subwoofer, dan jok kulit), dan MR,
yang datang dengan diferensial terbatas-slip direvisi depan, aluminium
MR shift knob, handbrake dengan pegangan serat karbon, roda 17 inci BBS,
aluminium atap, dan gearbox manual 6-speed. Evolusi baru juga memakai lampu
krom ekor perumahan dan lampu kepala.
Lancer Evolution VIII MR menggunakan licin-respon guncangan Bilstein untuk penanganan ditingkatkan. Atap aluminium panel dan pengurangan berat badan lainnya telah menurunkan pusat gravitasi untuk menghasilkan karakteristik roll lebih alami. Detil perbaikan juga telah dilakukan untuk mendorong elektronik sendiri Mitsubishi roda empat, ke 5 ACD + super AYC 6 kontrol traksi, dan ABS Olahraga sistem. Lancer Evolution VIII ditampilkan di Tokyo Motor 2003 Tampilkan mengambil penunjukan MR tradisional dicadangkan untuk Mitsubishi model performa tinggi Motors (pertama digunakan untuk GTO Galant). Bagian lain pada MR termasuk velg BBS, yang Bilstein guncangan tersebut, dan atap aluminium. Di Britania Raya, banyak Evolutions khusus diperkenalkan, termasuk FQ300, FQ320 FQ340, FQ400 dan varian. Mereka datang dengan 305, 325, 345, dan 405 hp (227, 239, 254 dan 302 kW), masing-masing.
Lancer Evolution VIII MR menggunakan licin-respon guncangan Bilstein untuk penanganan ditingkatkan. Atap aluminium panel dan pengurangan berat badan lainnya telah menurunkan pusat gravitasi untuk menghasilkan karakteristik roll lebih alami. Detil perbaikan juga telah dilakukan untuk mendorong elektronik sendiri Mitsubishi roda empat, ke 5 ACD + super AYC 6 kontrol traksi, dan ABS Olahraga sistem. Lancer Evolution VIII ditampilkan di Tokyo Motor 2003 Tampilkan mengambil penunjukan MR tradisional dicadangkan untuk Mitsubishi model performa tinggi Motors (pertama digunakan untuk GTO Galant). Bagian lain pada MR termasuk velg BBS, yang Bilstein guncangan tersebut, dan atap aluminium. Di Britania Raya, banyak Evolutions khusus diperkenalkan, termasuk FQ300, FQ320 FQ340, FQ400 dan varian. Mereka datang dengan 305, 325, 345, dan 405 hp (227, 239, 254 dan 302 kW), masing-masing.
9.
Evo 9
Kesembilan
generasi Mitsubishi Lancer Evolution IX FQ-360
Produksi
Maret 2005 - Oktober 2007 (Agustus 2006-Akhir 2008 MR)
Landasan CT9A
Transmisi 5-speed manual
6-speed manual
Jarak roda 2.625 mm (103,3 dalam)
Panjang 4.490 mm (176,8 dalam)
Lebar 1.770 mm (69,7 in)
Tinggi 1.450 mm (57,1 in)
Curb berat 1,310-1,490 kg (2,888-3,285 lb)
Landasan CT9A
Transmisi 5-speed manual
6-speed manual
Jarak roda 2.625 mm (103,3 dalam)
Panjang 4.490 mm (176,8 dalam)
Lebar 1.770 mm (69,7 in)
Tinggi 1.450 mm (57,1 in)
Curb berat 1,310-1,490 kg (2,888-3,285 lb)
Mitsubishi
memperkenalkan Lancer Evolution IX di Jepang pada tanggal 3 Maret 2005, [13]
dan dipamerkan mobil di Geneva Motor Show untuk pasar Eropa pada hari yang
sama. [14] Amerika Utara pasar melihat model dipamerkan di New York
International Auto
Show bulan berikutnya [15] 2,0 L mesin Mitsubishi Sirius # 4G63 mesin telah
MIVEC teknologi (variable valve timing), dan desain turbocharger direvisi
meningkatkan output daya resmi di poros engkol ke PS 291 (214 kW; 287 hp). dan torsi untuk 392 N · m (£ 289 · ft).
Para USDM Lancer Evolution IX model: standar (Grand Sport Rally atau "GSR" di beberapa pasar), RS (Rally Sport), SE (Special Edition) dan MR (Mitsubishi Racing) bervariasi sedikit dalam kemampuan kinerja mereka. Kehalusan unik untuk masing-masing model menyumbang variasi dalam akselerasi, penanganan dan kecepatan tertinggi. RS dikecualikan fitur standar pada, standar SE dan MR model (sistem stereo, power window dan kunci, wiper belakang, sayap belakang, lapisan batang dan isolasi suara). Hasilnya adalah penghematan berat lebih dari £ 60 (27 kg). Kapasitas bahan bakar tetap sama seperti Evo VIII pada 14 USgal (53 L).
Meskipun RS adalah yang paling ringan dari kelompok, RS tidak berhasil mengungguli IX standar dan MR sekitar kursus jalan (bahkan jika hanya dengan sepersekian detik). Hal ini konon disebabkan kurangnya sayap belakang di RS. Dalam drag race, tiga model adalah semua tentang bahkan. Waktu untuk kuartal mil berkisar 13,4-13,7 detik. Model RS diproduksi untuk tim reli dan balap yang ingin sebuah platform untuk membangun sebuah mobil balap dari. Ini adalah dilucuti dari semua kenyamanan, dan upgrade lain yang mendorong harga untuk fitur yang tim balap tidak akan membutuhkan.
MR IX mempertahankan fitur Evolution VIII MR, seperti sengatan Bilstein, transmisi manual 6-kecepatan, vortex generator atap, roda BBS ditempa, xenon HID lampu depan, lampu kabut, paket aksesori mengukur, "angkat nol" kit, badging khusus dan atap aluminium. Semua model terus olahraga ember kursi Recaro, rem Brembo dan roda kemudi Momo. Revisi tambahan dari tahun 2005 termasuk rasio gigi lebih dekat untuk transmisi manual 5-kecepatan, baru Enkei roda ringan non-MR model, ujung depan didesain ulang dengan air dam yang lebih efisien (fitur yang paling terlihat adalah dua saluran oval kecil untuk mendinginkan pipa intercooler), dan bumper belakang baru dengan diffuser undersurface untuk kelancaran keluar dari aliran udara keluar dari mobil untuk model non-AS. Dalam upaya untuk mengurangi kenaikan harga pada Evolution IX model, [kutipan diperlukan] HID lampu tidak lagi perlengkapan standar pada IX dasar (tidak pula mereka standar pada tahun 2005 VIII), dan hanya tersedia dalam paket SSL (Ming , Sound, dan Kulit), SE (Special Edition) dan trim MR.
Versi AS Lancer Evolution IX tidak datang dengan AYC tetapi ACD itu masih ada. Driver dapat memilih dari tiga mode berkendara yang berbeda, "Aspal" "Kerikil" dan "Salju", dan sistem komputer mobil relatif mempromosikan diferensial pusat aktif untuk mengubah penguncian diferensial yang akhirnya mengubah distribusi daya depan / belakang untuk meningkatkan traksi , sehingga memberikan pengalaman berkendara yang optimal. Meskipun versi AS tidak datang dengan AYC, itu tidak datang dengan LSD tipe kopling belakang 1.5way (limited slip differential) yang membatasi slip dari kedua roda belakang menyebabkan hilangnya traksi kurang dari roda belakang. Setup paling umum adalah cara LSD 1,5, penguncian pada throttle dan sebagian penguncian pada pengereman. Dalam balap, Lancer Evolutions tidak dilengkapi dengan AYC atau ACD karena diyakini bahwa waktu putaran yang lebih baik adalah dicapai dengan keterampilan pengemudi murni tanpa bantuan sistem berbasis komputer.
Salah satu perubahan dari iterasi sebelumnya dari Lancer Evolution, adalah perubahan mesin, 4G63 baru datang dengan MIVEC, variabel katup Mitsubishi mengangkat teknologi, yang secara drastis meningkatkan konsumsi bahan bakar dengan mengubah valve timing pada intake cam. Sistem MIVEC mirip dengan sistem i-VTEC Honda hanya itu tidak berubah angkat katup, asupan valve timing saja.
Tiga trim yang tersedia untuk Jepang, Asia dan Eropa. Meskipun semua model yang digunakan PS 291 yang sama (214 kW; 287 hp) mesin, torsi berbeda dari satu model ke model lain. Di Eropa, bagaimanapun, Evolution IX diiklankan memiliki 280 PS (206 kW; 276 hp). GSR diproduksi 400 N · m (£ 295 · ft) dari torsi, sedangkan RS dan GT diproduksi 407 N · m (£ 300 · ft).
RS - "reli olahraga", direvisi 5-speed, atap aluminium, paket gauge, interior minim, LSD dan turbin titanium-magnesium, kiri pilihan drive yang tersedia.
MR RS - sama seperti RS dengan transmisi 6-speed manual.
GT - direvisi 5-speed, ini pada dasarnya RS mekanis, tetapi dengan beberapa fitur GSR itu (potongan terutama interior).
GSR - 6-kecepatan, guncangan monotube Bilstein, atap aluminium, paket gauge, SAYC (Super Active Yaw Control), dan double-din radio (ini kira-kira setara dengan MR USDM).
MR GSR - sama seperti GSR dengan BBS 17-inci velg alloy.
MR Tuned oleh Ralliart - Berdasarkan Lancer Evolution VI Tommi Makinen Edition, Lancer Evolution IX Jepang secara eksklusif oleh Mitsubishi Ralliart disetel fitur hampir sama dengan Evo IX MR GSR sipil kecuali untuk depan Carbon Fiber Spoiler bibir, seragam Ralliart Resmi, Ralliart RA04 17-inch roda aluminium ditempa Hitam.
Di Inggris, Evolution IX menggunakan skema model yang berbeda berdasarkan pada tenaga kuda mobil. Ada tiga model yang awalnya tersedia: FQ-300, FQ-320 dan FQ-340 masing-masing dengan sekitar 300 (296/221), 320 (316/236) dan 340 (336/250) PS (BHP / KW) masing-masing. Sebuah model FQ-360 kemudian dirilis sebagai penerus VIII Evolution FQ-400. Sementara baru FQ-360 tenaga kuda yang dihasilkan kurang dari pendahulunya, itu torsi 363 lb lebih · ft (492 N · m) pada 3200 rpm. Semua empat model dirancang untuk berjalan pada bensin tanpa timbal Super saja. MR FQ-360 juga dirilis dalam jumlah terbatas (hanya 200) pada tahun terakhir produksi.
FQ-300, 320, 340-6-speed, Bilstein guncangan monotube, AYC (Active Yaw Control), super bensin tanpa timbal hanya
FQ-360-6-speed, Bilstein guncangan monotube, AYC (Active Yaw Control), Ralliart Olahraga meter Kit, karbon splitter depan, Speedline velg alloy, bensin tanpa timbal hanya Super
MR FQ-360 - Baru turbo dengan paduan titanium turbo sirip aluminium, Speedline Turini velg alloy, Kaca Privasi, Menurunkan Coil mata air Eibach (10mm di bagian depan / 5mm di belakang), IX MR interior, super bensin tanpa timbal hanya
Empat model yang tersedia di AS. Semua model menggunakan 286 hp yang sama (213 kW) mesin.
Para USDM Lancer Evolution IX model: standar (Grand Sport Rally atau "GSR" di beberapa pasar), RS (Rally Sport), SE (Special Edition) dan MR (Mitsubishi Racing) bervariasi sedikit dalam kemampuan kinerja mereka. Kehalusan unik untuk masing-masing model menyumbang variasi dalam akselerasi, penanganan dan kecepatan tertinggi. RS dikecualikan fitur standar pada, standar SE dan MR model (sistem stereo, power window dan kunci, wiper belakang, sayap belakang, lapisan batang dan isolasi suara). Hasilnya adalah penghematan berat lebih dari £ 60 (27 kg). Kapasitas bahan bakar tetap sama seperti Evo VIII pada 14 USgal (53 L).
Meskipun RS adalah yang paling ringan dari kelompok, RS tidak berhasil mengungguli IX standar dan MR sekitar kursus jalan (bahkan jika hanya dengan sepersekian detik). Hal ini konon disebabkan kurangnya sayap belakang di RS. Dalam drag race, tiga model adalah semua tentang bahkan. Waktu untuk kuartal mil berkisar 13,4-13,7 detik. Model RS diproduksi untuk tim reli dan balap yang ingin sebuah platform untuk membangun sebuah mobil balap dari. Ini adalah dilucuti dari semua kenyamanan, dan upgrade lain yang mendorong harga untuk fitur yang tim balap tidak akan membutuhkan.
MR IX mempertahankan fitur Evolution VIII MR, seperti sengatan Bilstein, transmisi manual 6-kecepatan, vortex generator atap, roda BBS ditempa, xenon HID lampu depan, lampu kabut, paket aksesori mengukur, "angkat nol" kit, badging khusus dan atap aluminium. Semua model terus olahraga ember kursi Recaro, rem Brembo dan roda kemudi Momo. Revisi tambahan dari tahun 2005 termasuk rasio gigi lebih dekat untuk transmisi manual 5-kecepatan, baru Enkei roda ringan non-MR model, ujung depan didesain ulang dengan air dam yang lebih efisien (fitur yang paling terlihat adalah dua saluran oval kecil untuk mendinginkan pipa intercooler), dan bumper belakang baru dengan diffuser undersurface untuk kelancaran keluar dari aliran udara keluar dari mobil untuk model non-AS. Dalam upaya untuk mengurangi kenaikan harga pada Evolution IX model, [kutipan diperlukan] HID lampu tidak lagi perlengkapan standar pada IX dasar (tidak pula mereka standar pada tahun 2005 VIII), dan hanya tersedia dalam paket SSL (Ming , Sound, dan Kulit), SE (Special Edition) dan trim MR.
Versi AS Lancer Evolution IX tidak datang dengan AYC tetapi ACD itu masih ada. Driver dapat memilih dari tiga mode berkendara yang berbeda, "Aspal" "Kerikil" dan "Salju", dan sistem komputer mobil relatif mempromosikan diferensial pusat aktif untuk mengubah penguncian diferensial yang akhirnya mengubah distribusi daya depan / belakang untuk meningkatkan traksi , sehingga memberikan pengalaman berkendara yang optimal. Meskipun versi AS tidak datang dengan AYC, itu tidak datang dengan LSD tipe kopling belakang 1.5way (limited slip differential) yang membatasi slip dari kedua roda belakang menyebabkan hilangnya traksi kurang dari roda belakang. Setup paling umum adalah cara LSD 1,5, penguncian pada throttle dan sebagian penguncian pada pengereman. Dalam balap, Lancer Evolutions tidak dilengkapi dengan AYC atau ACD karena diyakini bahwa waktu putaran yang lebih baik adalah dicapai dengan keterampilan pengemudi murni tanpa bantuan sistem berbasis komputer.
Salah satu perubahan dari iterasi sebelumnya dari Lancer Evolution, adalah perubahan mesin, 4G63 baru datang dengan MIVEC, variabel katup Mitsubishi mengangkat teknologi, yang secara drastis meningkatkan konsumsi bahan bakar dengan mengubah valve timing pada intake cam. Sistem MIVEC mirip dengan sistem i-VTEC Honda hanya itu tidak berubah angkat katup, asupan valve timing saja.
Tiga trim yang tersedia untuk Jepang, Asia dan Eropa. Meskipun semua model yang digunakan PS 291 yang sama (214 kW; 287 hp) mesin, torsi berbeda dari satu model ke model lain. Di Eropa, bagaimanapun, Evolution IX diiklankan memiliki 280 PS (206 kW; 276 hp). GSR diproduksi 400 N · m (£ 295 · ft) dari torsi, sedangkan RS dan GT diproduksi 407 N · m (£ 300 · ft).
RS - "reli olahraga", direvisi 5-speed, atap aluminium, paket gauge, interior minim, LSD dan turbin titanium-magnesium, kiri pilihan drive yang tersedia.
MR RS - sama seperti RS dengan transmisi 6-speed manual.
GT - direvisi 5-speed, ini pada dasarnya RS mekanis, tetapi dengan beberapa fitur GSR itu (potongan terutama interior).
GSR - 6-kecepatan, guncangan monotube Bilstein, atap aluminium, paket gauge, SAYC (Super Active Yaw Control), dan double-din radio (ini kira-kira setara dengan MR USDM).
MR GSR - sama seperti GSR dengan BBS 17-inci velg alloy.
MR Tuned oleh Ralliart - Berdasarkan Lancer Evolution VI Tommi Makinen Edition, Lancer Evolution IX Jepang secara eksklusif oleh Mitsubishi Ralliart disetel fitur hampir sama dengan Evo IX MR GSR sipil kecuali untuk depan Carbon Fiber Spoiler bibir, seragam Ralliart Resmi, Ralliart RA04 17-inch roda aluminium ditempa Hitam.
Di Inggris, Evolution IX menggunakan skema model yang berbeda berdasarkan pada tenaga kuda mobil. Ada tiga model yang awalnya tersedia: FQ-300, FQ-320 dan FQ-340 masing-masing dengan sekitar 300 (296/221), 320 (316/236) dan 340 (336/250) PS (BHP / KW) masing-masing. Sebuah model FQ-360 kemudian dirilis sebagai penerus VIII Evolution FQ-400. Sementara baru FQ-360 tenaga kuda yang dihasilkan kurang dari pendahulunya, itu torsi 363 lb lebih · ft (492 N · m) pada 3200 rpm. Semua empat model dirancang untuk berjalan pada bensin tanpa timbal Super saja. MR FQ-360 juga dirilis dalam jumlah terbatas (hanya 200) pada tahun terakhir produksi.
FQ-300, 320, 340-6-speed, Bilstein guncangan monotube, AYC (Active Yaw Control), super bensin tanpa timbal hanya
FQ-360-6-speed, Bilstein guncangan monotube, AYC (Active Yaw Control), Ralliart Olahraga meter Kit, karbon splitter depan, Speedline velg alloy, bensin tanpa timbal hanya Super
MR FQ-360 - Baru turbo dengan paduan titanium turbo sirip aluminium, Speedline Turini velg alloy, Kaca Privasi, Menurunkan Coil mata air Eibach (10mm di bagian depan / 5mm di belakang), IX MR interior, super bensin tanpa timbal hanya
Empat model yang tersedia di AS. Semua model menggunakan 286 hp yang sama (213 kW) mesin.
10
Evo 10
Generasi Kesepuluh
Mitsubishi Lancer Evolution X (US)
Produksi Oktober 2007-2013
Landasan CZ4A
Transmisi 6-speed twin-clutch transmisi
5-speed manual
Jarak roda 2.650 mm (104 in)
Panjang 4.495 mm (177,0 dalam)
Lebar 1.810 mm (71 in)
Tinggi 1.480 mm (58 in)
Produksi Oktober 2007-2013
Landasan CZ4A
Transmisi 6-speed twin-clutch transmisi
5-speed manual
Jarak roda 2.650 mm (104 in)
Panjang 4.495 mm (177,0 dalam)
Lebar 1.810 mm (71 in)
Tinggi 1.480 mm (58 in)
Curb berat 1,420-1,600 kg (3,131-3,527 lb)
Pada tahun 2005,
Mitsubishi memperkenalkan versi konsep Evolusi berikutnya-gen diTokyo Motor Show ke-39 bernama Konsep-X, [16] yang
dirancang oleh Omer Halilhodzic di pusat desain Eropa perusahaan. [17]
Mitsubishi meluncurkan mobil konsep kedua, Prototype-X, di American International Auto 2007 Tampilkan Utara (NAIAS). [18]
Lancer Evolution X sedan fitur 4B11T baru dirancang 2.0L (1998cc) turbocharged, all-aluminium inline-4 mesin GEMA. Power dan torsi tergantung pada pasar tetapi semua versi akan memiliki minimal 280 PS (206 kW; 276 hp). (JDM version), versi pasar Amerika akan memiliki sedikit lebih. Model Inggris akan dikerjakan ulang oleh Mitsubishi Inggris, sesuai dengan Evolutions MR sebelumnya menyandang lencana FQ. Pilihan untuk Evolutions Inggris diperkirakan antara 300 hp (220 kW) dan 360 hp (270 kW).
Dua versi dari mobil akan ditawarkan di Amerika Serikat Lancer Evolution MR, dengan 6-speed transmisi Twin Clutch Pergeseran Sportronic (TC-SST). Versi lainnya adalah GSR yang akan memiliki sistem 5-speed manual transmisi. Mobil tersebut juga memiliki penuh-waktu baru empat-wheel drive bernama S-AWC (Super All Kontrol roda), versi lanjutan dari sistem AWC Mitsubishi digunakan dalam generasi sebelumnya [19]. S-AWC menggunakan teknologi torsi vectoring untuk mengirim jumlah torsi yang berbeda untuk setiap roda pada waktu tertentu.
Ini juga fitur baru sekuensial Mitsubishi semi-otomatis enam kecepatan SST twin-clutch transmisi dengan kemudi-mount dayung pergeseran magnesium alloy. Ini telah menggantikan transmisi otomatis Tiptronic, maka versi SST diganti GT-Sebuah versi (yang digunakan pada Evolution VII dan Evolution IX Wagon). Sebuah lima kecepatan gearbox manual juga akan tersedia. Mitsubishi mengklaim bahwa lima kecepatan transmisi manual selalu disukai dalam reli dan harus sangat halus, sehingga drive yang lebih memuaskan [20] New Lancer Evolution generasi berikutnya akan menggabungkan Mitsubishi RISE tubuh keselamatan..
Evolusi X mulai dijual 1 Oktober 2007 di Jepang, [21] Januari 2008 di Amerika Serikat, [22] Februari di Kanada (sebagai versi pertama Evolusi di Kanada) [23] dan pada bulan Maret 2008 di Inggris. [ 24] Clutch SST Twin Versi tersedia di Jepang dari bulan November 2007. [25] Eropa akan mengikuti dengan penjualan Mei, GSR dan versi MR termasuk Paket premium.
Pengenalan dari 2010 MR-Touring memindahkan mobil lebih jauh kelas atas. Kulit dan Moonroof yang menjadi standar sementara merevisi spoiler belakang hanya spoiler.
Mitsubishi meluncurkan mobil konsep kedua, Prototype-X, di American International Auto 2007 Tampilkan Utara (NAIAS). [18]
Lancer Evolution X sedan fitur 4B11T baru dirancang 2.0L (1998cc) turbocharged, all-aluminium inline-4 mesin GEMA. Power dan torsi tergantung pada pasar tetapi semua versi akan memiliki minimal 280 PS (206 kW; 276 hp). (JDM version), versi pasar Amerika akan memiliki sedikit lebih. Model Inggris akan dikerjakan ulang oleh Mitsubishi Inggris, sesuai dengan Evolutions MR sebelumnya menyandang lencana FQ. Pilihan untuk Evolutions Inggris diperkirakan antara 300 hp (220 kW) dan 360 hp (270 kW).
Dua versi dari mobil akan ditawarkan di Amerika Serikat Lancer Evolution MR, dengan 6-speed transmisi Twin Clutch Pergeseran Sportronic (TC-SST). Versi lainnya adalah GSR yang akan memiliki sistem 5-speed manual transmisi. Mobil tersebut juga memiliki penuh-waktu baru empat-wheel drive bernama S-AWC (Super All Kontrol roda), versi lanjutan dari sistem AWC Mitsubishi digunakan dalam generasi sebelumnya [19]. S-AWC menggunakan teknologi torsi vectoring untuk mengirim jumlah torsi yang berbeda untuk setiap roda pada waktu tertentu.
Ini juga fitur baru sekuensial Mitsubishi semi-otomatis enam kecepatan SST twin-clutch transmisi dengan kemudi-mount dayung pergeseran magnesium alloy. Ini telah menggantikan transmisi otomatis Tiptronic, maka versi SST diganti GT-Sebuah versi (yang digunakan pada Evolution VII dan Evolution IX Wagon). Sebuah lima kecepatan gearbox manual juga akan tersedia. Mitsubishi mengklaim bahwa lima kecepatan transmisi manual selalu disukai dalam reli dan harus sangat halus, sehingga drive yang lebih memuaskan [20] New Lancer Evolution generasi berikutnya akan menggabungkan Mitsubishi RISE tubuh keselamatan..
Evolusi X mulai dijual 1 Oktober 2007 di Jepang, [21] Januari 2008 di Amerika Serikat, [22] Februari di Kanada (sebagai versi pertama Evolusi di Kanada) [23] dan pada bulan Maret 2008 di Inggris. [ 24] Clutch SST Twin Versi tersedia di Jepang dari bulan November 2007. [25] Eropa akan mengikuti dengan penjualan Mei, GSR dan versi MR termasuk Paket premium.
Pengenalan dari 2010 MR-Touring memindahkan mobil lebih jauh kelas atas. Kulit dan Moonroof yang menjadi standar sementara merevisi spoiler belakang hanya spoiler.
REFRENSI:
en.wikipedia.org/lancer-evolution
Wow keren.
ReplyDeleteKereennn...
ReplyDeletebaru nemu walaupun telat. Thanks ya
ReplyDeleteLagi nyari kupasan mobil seangkatan nemu yang ini. pas banget nih....Thanks ya
ReplyDeletegoogle translate copas detec...hahhahaha
ReplyDeletesekarang dah ada lagi generasi terahir lancer evolution final....
ReplyDeleteDari generasi pertama sampe generasi terakhir Lancer selalu membuat saya kagum. syukur udah pernah ngerasain meski cuma bertahan 2 tahun. hehehe
ReplyDelete@mobil CBU.. Gmn mas bro untuk kekurangan lancer evo 7. Boasa nya penuakit nya di mana, n u/ konsumsi BBM dalam kota agak boros ga ya. Krn ane mau ambil evo 7 ini. Tp msh mikir2.
ReplyDeleteThank You and I have a tremendous offer you: How Much Are House Renovations Stardew Valley planning a home addition
ReplyDelete